Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

TAMBAH SUMBER CUAN MU, INI LAH CARA MENGAKTIFKAN FITUR TIKTOK SHOP



TikTok kini adalah salah satu platform sosial media berbasis video yang menjadi raksasa dan mampu bersaing dengan kompetitor nya yang lebih senior seperti youtube atau instagram. Pengguna nya di indonesia saja hampir mencapai angka 100 juta, sebuah pencapaian yang luar biasa bagi sosial media pendatang baru.

Selain untuk berbagi momen berupa video, TikTok ini juga bisa menjadi wadah untuk menghasilkan uang bagi para pengguna nya. Salah satu fitur yang di tawarkan TikTok indonesia untuk menghasilkan cuan adalah TikTok Shop, dimana kalian bisa menawarkan produk yang kalian miliki.

Namun karena fitur ini masih terbilang baru, maka membuat sebagian pengguna menjadi bingung tentang cara mengaktifkan fitur jualan tersebut. Di artikel ini saya kan membahas nya lebih detail dan dengan penjelasan yang sesederhana mungkin agar kalian lebih mudah memahami.

TikTok Shop memang salah satu fitur baru dari TikTok agar para kreator bisa berjualan dengan cara menyisipkan link pembelian produk pada video yang di upload. Dan dengan fitur ini,memudahkan penonton melihat review barang sekaligus membeli nya secara langsung dari aplikasi ini. 

Penonton bisa langsung klik link pembelian yang berada di deskripsi video tanpa harus menuju ke toko online yang berbeda, sekarang fitur ini juga di copy oleh marketplace untuk di masukan ke aplikasi mereka. Fitur ini lebih di kenal sebagai sosial media shopping, dimana sosial media bertambah fungsi menjadi tempat untuk jual beli.

Di TikTok shop lebih di kenal sebagai etalase keranjang kuning, para influencer biasanya memberi deskripsi pada video nya untuk mengarahkan penonton ke link belanja produk.

BAGAIMANA CARA MENGAKTIFKAN FITUR TIKTOK SHOP?

Cara mengaktifkan fitur jualan TikTok Shop itu sebenarnya cukup mudah untuk seorang pemula. Kamu bisa melakukan beberapa cara yang sangat mudah untuk bisa berjualan produk di TikTok Shop. Berikut akan saya jelaskan tentang step by step cara mengaktifkan TikTok Shop.

1. BUAT AKUN DI APLIKASI TIKTOK SELLER

Langkah pertama untuk bisa menjadi penjual di TikTok Shop adalah membuat akun di TikTok Seller, kamu bisa membuka nya lewat website atau install aplikasi TikTok Seller. Lalu kamu bisa mendaftar akun baru atau kamu login menggunakan akun TikTok yang kamu miliki sebelumnya. Kalau kamu ingin daftar memakai akun TikTok yang sudah ada, maka kamu bisa klik tombol Sign up with TikTok Account.

2. ISI LENGKAP INFORMASI TOKO MU

Setelah berhasil mendaftar sebagai akun penjual di TikTok Shop, cara berikutnya adalah mengisi informasi toko dengan detail. Lengkapi data toko mu secara lengkap sebelum kamu upload dagangan mu ke TikTok Shop. Perhatikan baik-baik setiap kolom yang harus di isi alamat toko,contact person toko dan nomer hape yang aktif . Setelah semua data yang di minta terisi,barulah kamu klik “Start to add products” untuk upload dagangan yang ingin kamu jual.

3. CARA VERIFIKASI AKUN TIKTOK SHOP

Sebelum produk kamu bisa di jual di TikTok Shop, akan lebih baik jika kamu memverifikasi beberapa dokumen. Cara nya dengan Klik “Verify documents” di bagian homepage, lalu klik “Upload Documents” dan Lengkapilah data diri yang diperlukan sebagai penjual. 

Pilih tipe bisnis apa yang sesuai dengan diri mu, apakah bentuk usaha mu sudah level korporasi / perusahaan atau masih level individu. Jika sebagai pedagang individual, kamu di wajibkan mengupload foto KTP kualtias jernih dalam format .pdf, .jpeg, .jpg, atau .png. dan pastika ukuran foto nya tidak lebih dari 10 MB. 

Pastikan semua informasi itu sudah valid dan bisa di pertanggung jawabkan karena data mu tidak bisa di ubah lagi. Kemudian,kamu klik tombol Submit. Jika proses verifikasi sudah selesai, maka akun TikTok Shop-mu bisa kamu gunakan untuk berjualan.

4. CARA MENAMBAH PRODUK DI ETALASE TikTok Shop

Jika akunmu sudah verified, kamu bisa langsung menambahkan barang dagangan mu untuk dijual di TikTok Shop. Cara nya pun mudah,tinggal klik “Add First Produk” di homepage, kemudian klik “Add Product”. Lalu kamu berikan deskripsi produk dengan detail, di mulai dari nama barang, kategori barang, dan juga merk barang. 

Kalau kamu ingin menambahk merek baru,maka kamu harus upload dokumen kepemilikan barang atau selling rights (jika kamu berjualan menjadi reseller). Jika tidak memiliki dokumen tersebut, kamu pilih yang No brand.

Setelah nya kamu bisa mengunggah foto barang dagangan dan menambah deskripsi produk. Kamu hanya bisa upload maksimal 9 foto saja. Dan ukuran foto yang di anjurkan adalah 1:1, jadi foto nya tidak terpotong saat tampil di etalase. Selain itu kamu bisa mengisi detail informasi barang jualan mu, seperti ukuran,warna atau pilihan lain yang ada. 

Ada juga opsi untuk menambah berat serta dimensi barang jika memang dibutuhkan. Lalu setelah nya, kamu tinggal pencet  “save as a draft” kalau kamu tidak berniat untuk langsung mempublishnya atau kamu langsung klik “publish” untuk langsung memajang produkmu.

5. HUBUNGKAN KE REKENING BANK / AKUN PEMBAYARAN YANG AKTIF

Terakhir adalah jangan sampai lupa untuk menghubungkan rekening bank atau akun pembayaran ke akun TikTok Shop. Kamu hanya tinggal melakukan klik “Link Bank Account” di homepage, lalu kamu klik “Link Account”. Setelah itu kamu bisa ikuti prosesnya sampai selesai menautkan rekening mu ke TikTok Shop.

Itulah ringkasan saya mengenai cara mengaktifkan fitur TikTok Shop, supaya kamu bisa berjualan online di TikTok Shop. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba ya.


Posting Komentar untuk "TAMBAH SUMBER CUAN MU, INI LAH CARA MENGAKTIFKAN FITUR TIKTOK SHOP"