Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

CARA JITU JUALAN LARIS ONLINE LEWAT HP BUAT PEMULA


Bagi banyak orang ber bisnis online atau jualan lewat marketplace itu di anggap mudah karena terlihat seperti pencet-pencet hape saja tanpa ber interaksi langsung dengan pembeli. Namun kenyataan nya tidak semudah itu ferguso, konsep nya bukan pencet-pencet hape terus orderan ngalir deras.

Realita nya jualan online itu juga butuh strategi agar dagangan nya bisa laku laris manis tanjung kimpul. Jika tak memiliki strategi jualan online yang bagus maka akan sulit bersaing dengan kompetitor sesama pedagang barang online.

Mungkin kamu bisa simak beberapa saran supaya jualan online mu bisa laris.

1. PUNYA IDE USAHA DULU

Sebelum kamu jualan dan keluar modal untuk kulak barang, pastikan kamu punya ide usaha nya dulu.

Mulai riset tentang potensi pasar,lalu target market mu siapa? jangan sampai kamu jualan barang yang peminat nya sedikit. Tak perlu buru-buru jualan, justru luangkan waktu untuk riset dulu daripada nanti ujung-ujung nya dagangan sepi dan malah boncos.

Kalo sudah tahu mau jualan apa lalu lanjut memahami tentang nilai barang yang akan kamu jual, apa istimewa nya? fitur apa yang bisa kamu berikan untuk si pembeli? dsb

Lalu sebagai penjual kamu harus bisa memiliki selling poin sebagai pembeda dari seller yang lain, karena bisa jadi ada orang lain yang sudah duluan jualan barang yang sama. Kamu bisa memberi service berupa pengiriman cepat atau packing yang rapi dan aman, jika konsumen puas mereka akan mengingat mu sebagai penjual rekomen.


2. BIKIN NAMA TOKO YANG UNIK

Punya barang dagangan sudah, kini giliran kamu berpikir nama toko yang unik dan menarik bagi calon pembeli mu.

kamu juga bisa memberi nama toko mu sesuai dengan barang yang akan kamu jual, misal nya kamu jualan perabot rumah tangga maka kamu bisa buat nama toko mu HomeBuddy misal nya.

Saya pernah melihat sebuah toko ikan hias besar bernama GAMPANG INGAT AQUARIUM, unik sekaligus sesuai dengan namanya yang gampang untuk di ingat.


3. BIKIN LOGO BIAR TOKO MU PUNYA IDENTITAS

Logo bisa kamu gunakan untuk identitas tokomu agar semakin melekat di kepala pengunjung dan pelanggan mu. Sisihkan budget untuk membeli logo premium, order ke tukang design yang banyak menerima open order di sosmed.

Ingat ya, bikin logo ini butuh pemikiran yang ekstra dari si pembuat maka hargailah jerih payah si tukang desain jangan minta gratisan atau bahkan harga teman. Sebelum berpikir untuk membayar murah atau bahkan nodong gratisan ke mereka, bayangkan saja jika seseorang datang ke kamu lalu minta dagangan gratis atau bayar tapi minta harga teman pasti gak enak rasanya.


4. MANFAATKAN FITUR MARKETPLACE SEBAIK MUNGKIN

Jaman sekarang sudah banyak marketplace besar yang bisa kamu manfaat kan untuk memajang dagangan mu agar cepat laku. Pelajari soal plus minus dari tiap marketplace baik dari segi pembayaran atau penanganan komplain. 

Kamu bisa join di grup penjual marketplace yang ada di facebook, biasanya mereka sering berkeluh kesah tentang pengalaman jualan online di grup tersebut.


5. BUATLAH WEBSITE ONLINE SHOP SENDIRI / LANDING PAGE JUALAN

Untuk pembuatan website sendiri ini memang di peruntukan bagi penjual yang sudah memiliki pengalaman jualan secara online,di karenakan untuk membuat website kamu harus paham dengan coding. 

Atau kamu juga bisa membeli website toko online yang sudah jadi tapi ya kamu harus keluar budget yang tidak sedikit.


6. GUNAKAN SOSMED UNTUK MENARIK PELANGGAN

Media sosial juga bisa menjadi salah satu alat untuk menjalin hubungan yang baik dengan calon pembeli atau pelanggan lama. Sesuai dengan pengalaman saya pribadi, calon pembeli bisa sangat bersemangat ketika saya bisa membalas chat DM untuk merekomendasikan barang yang mereka cari.

Terkadang bisa terjadi transaksi namun tak jarang pula juga hanya sekedar bertanya, tak apa setidak nya dia sudah aware ke brand toko kita.


7. JELASKAN DESKRIPSI PRODUK SECARA DETAIL

Ini adalah salah satu aspek yang tidak boleh kamu sepelekan ketika jualan online, karena jika sampai kamu salah menyampaikan deskripsi ke calon pembeli dan mereka mendapatkan hal yang berbeda maka bisa menimbulkan masalah atau kekecewaan.

Jadi jelaskan mengenai produk yang kamu tawar kan secara detail, entah itu soal warna,ukuran atau stok ketersediaan barang. Jika perlu berikan alternatif lain jika barang yang di minta ternyata stok nya lagi kosong.


8. PROMOSI BERBAYAR LEWAT MEDSOS

Jaman sekarang adalah tren dimana banyak orang yang mempromosikan produk orang lain lewat sosmed, umum nya mereka di sebut dengan influencer. Kamu bisa membuat perjanjian endorse dengan para influencer baik berupa postingan atau story yang bisa menarik followers mereka untuk datang ke toko online mu. 

Yang perlu kamu perhatikan adalah target market mu siapa, jadi kamu harus memilih dengan teliti siapa influencer yang akan kamu ajak kerja sama.

Misal nya kamu punya produk skincare lalu kamu ajukan tawaran endorse ke influencer seperti anya geraldine atau nita gunawan itu sangat cocok karena followers mereka kebanyakan adalah GEN Z yang melek dengan perawatan wajah.


9. JANGAN GAMPANG BAPER SAMA PEMBELI YANG CUMA NANYA

Banyak teman sesama penjual online saya yang bikin status di sosmed, mengeluh karena sering di tanya lewat PM tapi sering nya si calon pembeli urung berbelanja di tempat nya.

Pedagang ini kemudian melabeli si pembeli dengan istilah "tukang PHP" yang mana sebenar nya itu tidak etis. Pembeli bertanya harga itu sudah sangat wajar, khusus nya untuk pedagang yang upload dagangan tanpa menyertakan harga jual nya dan menyuruh buyer untuk tanya lewat PM saja.

Sama hal nya dengan toko offline yang banyak orang datang untuk bertanya saja atau bahkan cuma nonton-nonton tapi gak beli, kita sebagai penjual kan tidak bisa melabeli mereka sebagai tukang PHP.

Jawab lah pertanyaan calon buyer secepat dan sejelas mungkin agar mereka tak langsung berubah pikiran, karena jika terlalu lama mereka bisa dengan cepat mencari alternatif penjual yang memiliki barang dagangan serupa.

Nah itu tadi cara jualan online laris di media sosial yang mungkin bisa kalian jadikan sebagai masukan sebelum terjun ke dunia jualan barang onlinedi sosial media. Semoga bermanfaat dan sukses selalu ya, sampai jumpa di artikel bisnis online untuk pemula selanjutnya.


Posting Komentar untuk "CARA JITU JUALAN LARIS ONLINE LEWAT HP BUAT PEMULA"